Bagaimana Toyota Menjadi Pembuat Mobil #1 di Dunia

0 Comments

toyota bandung

Toyota telah ada selama lebih dari 75 tahun, dan telah berkembang dari divisi kecil di sebuah perusahaan tenun Jepang menjadi salah satu merek otomotif yang paling dihormati dan diandalkan di Toyota Bandung.

Kesuksesan Toyota bukanlah kebetulan. Ini telah dikembangkan melalui desain berkualitas tinggi, inovasi pantang menyerah, dan gerakan berani.

Mereka bertanggung jawab atas beberapa mobil sport paling mengesankan yang pernah diproduksi. Dan mereka juga dikenal dengan keandalan dan kelas sedan ekonomi mereka.

Banyak orang juga menganggap Toyota sebagai perusahaan yang membawa teknologi hybrid ke depan pasar. Dan yang lain menyukai kendaraan seperti Tacoma dan FJ Cruiser karena kemampuan tugas beratnya.

Toyota tidak terbatas hanya pada satu spesialisasi. Mereka telah mendorong batas-batas di berbagai bidang dan mendefinisikan ulang apa yang diharapkan pengemudi dari kendaraan mereka.

Lihat saja sendiri. Dari prototipe pertama mereka, hingga jajaran yang Anda lihat hari ini di  dealer Toyota, Toyota selalu fokus untuk menjadikan mobil mereka yang terbaik.

 

Di Awal

1936_Toyoda_Model_AA

Semuanya dimulai dengan alat tenun, alat tenun yang sangat canggih. Ini dikembangkan oleh Sakichi Toyoda, seorang penemu Jepang yang membuka jalan bagi apa yang akan menjadi, Toyota Motors.

Alat tenun listrik otomatis, penemuannya yang paling terkenal, menggunakan prinsip Jidoka, artinya alat itu akan berhenti sendiri jika ada masalah.

Prinsip yang sama kemudian digunakan dalam pembuatan kendaraan Toyota. Sakichi Toyoda juga bertanggung jawab atas 5 Whys, serangkaian lima pertanyaan yang diajukan untuk mengungkap inti masalah. Proses ini masih digunakan dalam bisnis saat ini.

Sakichi Toyoda mendirikan Toyoda Automatic Loom Works, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan otomotif yang begitu terkenal saat ini. Namun, putranya, Kiichiro Toyoda yang menambahkan desain mobil ke dalam daftar perusahaan.

Kiichiro Toyoda melakukan perjalanan ke Eropa dan AS untuk belajar lebih banyak tentang dunia mobil, meneliti mesin bertenaga bensin dan meningkatkan pengetahuannya sendiri tentang cara kerja mobil yang ada.

Pada tahun 1933, dia adalah orang yang menciptakan Departemen Otomotif di dalam perusahaan tenun ayahnya, meletakkan dasar untuk apa yang akan menjadi sejarah panjang desain dan produksi mobil yang sukses.

Setelah mengerjakan prototipe yang pada akhirnya menghasilkan truk Toyoda Model AA Sedan, AB phaeton, dan GA, Toyota akhirnya berdiri sebagai entitas sendiri.

Dengan logo baru dan nama resmi, Toyota Motor Company berdiri pada tahun 1937.

Sedang berlangsung

1957_Mahkota

Sepanjang tahun 1940-an Toyota menggenjot produksinya, dan pada tahun ’47, perusahaan tersebut telah membuat 100.000 kendaraan.

Pada saat yang sama, sejumlah perusahaan cabang didirikan, termasuk fasilitas pabrik baja, perusahaan manufaktur mobil listrik, dan bisnis produksi karet.

Namun, periode pascaperang sangat sulit dalam hal keuangan, dan bisnis harus mendapatkan pinjaman dan mengurangi staf hanya untuk tetap bertahan.

Sementara pemogokan besar-besaran, pemutusan hubungan kerja, dan penurunan gaji menyeret perusahaan ke bawah, sebuah takdir berhasil mengangkat Toyota dari hampir bangkrut. Militer AS memberi mereka perintah untuk lebih dari 5.000 kendaraan untuk digunakan dalam Perang Korea.

Dengan segala sesuatunya kembali berjalan, Toyota membuat serangkaian langkah strategis selama tahun 50-an. Mereka mendirikan perusahaan penjualan terpisah, menciptakan rantai penyalur, meningkatkan ekspor, dan meluncurkan divisi Amerika.

Mobil Jepang pertama yang pernah tiba di AS adalah 1957 Crown dari Toyota. Dan itu menandai awal dari hubungan yang sangat panjang dan sukses dengan para pembalap Amerika.

Mengembangkan Bisnis

Toyota Sport 800

Tahun 1960-an adalah masa pertumbuhan besar bagi Toyota. Mereka mengembangkan hubungan dengan Eropa dan mulai berhasil mengekspor kendaraan di sana. Penjualan mereka juga berkembang pesat di Australia, pasar ekspor terbesar mereka saat itu.

Tahun 1965 terbukti menjadi tahun yang besar bagi perusahaan. Sports 800 diperkenalkan, menetapkan nada baru untuk Toyota. Itu adalah mobil sport produksi pertama mereka, pratinjau dari banyak kendaraan performa yang akan datang.

Corolla tercinta juga hadir di akhir tahun 60-an. Sedikit yang Toyota tahu bahwa itu akan menjadi mobil penumpang terlaris sepanjang masa.

Pada tahun 1970, Toyota telah mengekspor 1 juta kendaraan di seluruh dunia dan benar-benar membuat nama untuk dirinya sendiri di dunia otomotif.

Melihat Hasil

toyota_camry_1982

Pada dekade berikutnya, beberapa model baru, termasuk Celica, pendahulu Supra diperkenalkan. Penjualan meningkat pesat, dan pada tahun ’75, ekspor telah mencapai 5 juta unit.

Itu membuat Toyota menjadi importir nomor satu ke AS, bahkan mengungguli Volkswagen yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Dalam lima tahun lagi, Toyota telah mencapai 10 juta ekspor di seluruh dunia. Sejumlah pabrik tambahan diciptakan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Dan hal-hal tidak melambat.

Pada ’80-an, Camry juga ditambahkan ke lineup, penjualan melonjak, dan di ’89, Toyota mendirikan Lexus, cabang mewahnya. Setelah hanya dua tahun, Lexus dinobatkan sebagai impor barang mewah teratas yang masuk ke AS

Zaman modern

2012-toyota-prius-v

Dengan model demi model, tim desain dan teknik Toyota terus memproduksi kendaraan canggih yang telah menjadi beberapa mobil paling populer di Amerika saat ini.

Pada tahun 90-an, RAV4 dan Prius masuk ke produksi bersama dengan Toyota Avalon, dan penjualan di luar negeri melampaui 3 juta unit per tahun.

Dalam 10 tahun, lebih dari satu juta model Prius telah terjual secara global, Camry telah menjadi salah satu sedan paling populer yang tersedia, dan beberapa produk Lexus yang paling terkenal diumumkan, termasuk GS dan IS.

Model baru lainnya, seperti Yaris yang hemat bahan bakar, kompak dan hatchback Matrix bergabung dengan lineup pada awal 2000-an, memberikan pengemudi pilihan yang ekonomis dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di luar penggunaan listrik.

Dan pada 2010, FJ Cruiser, juga diluncurkan, semakin memperluas audiens Toyota. Bersamaan dengan pickup merek menengah dan ukuran penuh, Tacoma dan Tundra, FJ menjadi favorit off-road.

Terus membuka jalan dengan teknologi hibrida mereka, Toyota memperluas penawaran Prius mereka, memberi konsumen pilihan untuk memilih versi yang lebih kecil untuk berkeliling kota atau versi yang diperluas agar sesuai dengan seluruh keluarga.

Kedua varian diterima dengan baik, dan Prius mempertahankan reputasinya sebagai hibrida paling terkenal dan terlaris.

Masa depan

2016_Toyota_Fuel_Cell_Vehicle-Mirai

Namun, teknologi hybrid bukan satu-satunya solusi berkelanjutan yang ada dalam pikiran Toyota. Mereka juga telah menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk teknologi sel bahan bakar, membantu mendirikan sejumlah stasiun pengisian hidrogen di AS.

Langkah ini dalam persiapan untuk  Mirai mendatang mereka , yang diatur untuk mendefinisikan kembali kendaraan bahan bakar alternatif. Ini adalah mobil canggih dan mumpuni yang diyakini Toyota akan menjadi solusi yang sangat berharga bagi masalah energi dunia.

Di Jepang, jumlah pesanan Mirai yang sudah dipesan jauh melebihi proyeksi awal Toyota, dan hal yang sama kemungkinan akan terjadi ketika mobil tersedia di AS.

Pantai barat Amerika sudah memiliki infrastruktur yang substansial, dan ruang lingkup proyek berkembang. Stasiun pengisian hidrogen segera juga akan didirikan di New England dan negara bagian timur lainnya.

Sebagai satu-satunya produsen otomotif yang siap menawarkan kendaraan bertenaga hidrogen yang disempurnakan, Toyota sekali lagi memposisikan dirinya di depan gelombang.

Lantas bagaimana perusahaan mobil Jepang yang tumbuh dari bisnis tenun menjadi pemimpin di dunia otomotif? Itu mudah.

Hanya dibutuhkan 75 tahun komitmen tanpa henti untuk keunggulan dan kecerdikan yang jauh melampaui pesaing mana pun. Dan itu membutuhkan visi untuk masa depan yang selalu berubah dan tumbuh menjadi sesuatu yang baru.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,